just Go

Laman

Senin, Maret 28, 2011

apa itu ASCII, BAUDOT, BCD, BCDIC, EBCDIC ?

Tugas kali ini adalah memahami apa itu ASCII, BAUDOT, BCD, BCDIC dan EBCDIC. Bagi yang ingin mengetahui juga apa itu SCII, BAUDOT, BCD, BCDIC dan EBCDIC ayo mampir dulu sejenak :D ( padahal saya juga belom ngerti apa itu XD )

Pagi pagi udah pusing nih sama pembahasan tentang kode kode yang ikin otak saya melongo :D

ASCII
ayo deh kita mulai dari ASCII !
apa itu ASCII ? yang saya dapat ni dari sini
ASCII atau American Standard Code for Information Interchange merupakan suatu standar internasional dalam kode huruf dan simbol seperti Hex dan Unicode tetapi ASCII lebih bersifat universal, contohnya 124 adalah untuk karakter "|". Ia selalu digunakan oleh komputer dan alat komunikasi lain untuk menunjukkan teks. Kode ASCII sebenarnya memiliki komposisi bilangan biner sebanyak 8 bit. Dimulai dari 0000 0000 hingga 1111 1111. Total kombinasi yang dihasilkan sebanyak 256, dimulai dari kode 0 hingga 255 dalam sistem bilangan Desimal.


WADAAAWW !! (ga ngerti :D)
jadi gini... inti dari pembahasan ini sendiri adalah tantang konversi bilangan. Berhubung saya belom jauh mempelajari tentang ini, jadi saya akan memposting tentang definisi nya aja dulu ya hehe :p


Setelah tadi qta mengetahui apa itu ASCII, sekarang kita mencoba mempelajari tentang definisi BAUDOT..


-BAUDOT yang saya dapat dari sini dimana Setiap karakter dalam alfabet diwakili oleh serangkaian bit , yang dikirim melalui saluran komunikasi seperti kawat telegraf atau sinyal radio. The simbol rate pengukuran dikenal sebagai baud , dan berasal dari nama yang sama.BAUDOT ITU SENDIRI merupakan karakter set pendahulu ASCII. Cukup di mengerti ? :D


Kita lanjut ke
- BCD

sebuah encoding untuk desimal angka di mana setiap digit diwakili oleh sendiri biner urutan. Utamanya adalah bahwa hal itu memungkinkan konversi angka desimal mudah untuk mencetak atau menampilkan, dan memungkinkan perhitungan cepat desimal. kelemahan nya adalah sedikit peningkatan kompleksitas rangkaian yang diperlukan untuk melaksanakan operasi matematis. BCD terkompresi juga pengkodean yang relatif tidak efisien-itu menempati ruang lebih dari representasi biner murni.
Dalam BCD, sebuah angka biasanya diwakili oleh empat bit yang, secara umum, mewakili angka desimal 0 sampai 9. kombinasi bit lainnya kadang-kadang digunakan untuk tanda atau indikasi lain (misalnya, kesalahan atau overflow).

- BCDIC
setelah saya googling kemana mna yang saya dapat malah EBCDIC. waaaa :/ tapi kalo menurut saya BCDIC itu satu tahap peng-kode-an sebelum munculnya EBCDIC hehe :p yaitu standar perubahan bilangan desimal menjadi bilangan binary. Betul tidak ? :D


- EBCDIC
EBCDIC (Extended Binary Coded Decimal Interchange Code) adalah kode 8 - bit untuk huruf yang dipakai pada sistem operasikomputer merk IBM, seperti z/OS, OS/390, VM, VSE, OS/400, dan i5/OS. Kode EBCDIC ini juga dipakai untuk beberapa jenis komputer lain seperti Fujitsu-Siemens BS2000/OSD, HP MPE/iX, dan Unisys MCP. Kode ini merupakan pengembangan dari kode 6-bit yang dipakai untuk kartu berlubang (punched card) pada komputer IBM antara akhir tahun 1950an dan awal tahun 1960an.
( sumber )




Sekian SHARE share dari saya semoga membantu kalian para penimba ilmu di alam semesta ini. hahahaha
Terimakasih atas perhatian nya mohon maaf atas salah kata atau salah pengertian nya. Saya ucapkan
TERIMAKASIH 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar